Tempat Wisata di Pasuruan

Beragam tempat wisata di Pasuruan terbaru dapat Anda temukan dengan mudah. Mulai dari destinasi wisata alam yang hidden gem sampai tempat wisata kekinian dengan spot foto instagramable dan wahana seru.

Pasuruan yang berbatasan dengan Malang ini mempunyai banyak keindahan yang belum terjamah oleh khalayak. Jadi tidak heran bila banyak wisata Pasuruan baru bermunculan, mengandalkan keindahan alamnya.

Bahkan beberapa tempat wisata di Pasuruan ada yang viral dan membuat banyak pengunjung dari luar kota tertarik untuk mengunjunginya. Lalu, ada wisata Pasuruan terbaru apa saja? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru Lagi Hits

The Nature Bromo

The Nature Bromo

Sebagian kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masuk ke dalam teritori Kabupaten Pasuruan. Jadi ada beberapa area yang kini dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Salah satunya adalah The Nature Bromo, sebuah tempat wisata alam di Jawa Timur yang menawarkan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat menikmati mini trail, ATV, flying fox, dan horse riding.

Yang terbaru ada wahana Sliding Rainbow, sebuah perosotan berwarna-warni yang akan membawa Anda meluncur dari ketinggian. Selain itu, ada juga kegiatan memberi makan hewan dan menanam tanaman hidroponik.

The Nature Bromo dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti spot foto Rumah Hobbit dan Giant Swing, kolam renang, kafe dan restoran, serta penginapan glamping.

Tempat wisata di Pasuruan ini menawarkan pemandangan indah berupa perbukitan dan perkebunan hijau yang berkabut, semakin menambah pesona The Nature Bromo.

Jendela Langit Prigen

Jendela Langit Prigen

Ini dia destinasi tempat wisata di Pasuruan terbaru Jendela Langit Prigen yang lagi hits bagi Anda yang gemar hunting tempat foto kekinian untuk diunggah ke sosial media.

Lokasi ini menampilkan pemandangan 360 derajat dari Gunung Arjuno. Beberapa spot foto menarik termasuk jembatan kaca, perahu di atas tebing, dan spot foto berbentuk jendela dengan pemandangan langsung ke pegunungan.

Selain itu, Jendela Langit Pasuruan juga menawarkan atraksi berkuda dan naik jeep dengan trek yang membelah hutan, memberikan tantangan tersendiri untuk Anda yang mencari petualangan.

Bagi yang ingin menginap, tersedia camping ground, tetapi pengunjung harus membawa perlengkapan camping sendiri karena tidak ada layanan penyewaan tenda. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang mempesona.

Pintu Langit Pasuruan

Pintu Langit Pasuruan

Selain Jendela Langit, ada juga Pintu Langit di Pasuruan yang sama-sama menawarkan keindahan alam Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang menakjubkan.

Tempat wisata di Pasuruan ini terletak di ketinggian 800 mdpl, udara dan suasananya sangat sejuk. Karena yang dijual adalah keindahan alamnya, maka pihak pengelola telah menyediakan berbagai spot foto menarik untuk pengunjung.

Selain itu terdapat berbagai wahana seru seperti bianglala, flying fox, carosel, becak gantung, dll. Kalau ingin menikmati suasananya dengan santai, Anda bisa ngopi di cafe yang telah disediakan.

Taman Edelweis Bromo

taman edelweis bromo

Masih di seputaran Bromo, cobalah berkunjung ke tempat wisata murah di Desa Wisata Edelweiss Wonokitri Pasuruan yang juga terkenal dengan Taman Edelweiss-nya. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Pasuruan ini menampilkan edelweiss yang dibudidayakan secara legal.

Pengunjung dapat menikmati keindahan taman dan memperoleh pengetahuan tentang budidaya edelweiss. Taman Edelweiss Bromo memiliki berbagai jenis bunga edelweiss, termasuk Anaphalis Javanica, Anaphalis Longifolia, dan Anaphalis Viscida.

Untuk dapat menikmati keindahan bunga edelweis dengan view pegunungan, Anda bisa sambil nongkrong di cafe yang ada. Tiket masuknya cuwelirma Rp 15.000 dan bisa Anda tukarkan dengan segelas kopi atau teh panas.

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Wisata alam Prigen lainnya yang wajib Anda masukkan ke dalam itinerary yaitu Air Terjun Putuk Truno. Terletak di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, tempat wisata di Pasuruan ini menawarkan suasana alam yang masih sangat asri.

Jalur pendakian yang ramah pengunjung dan hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari jalan utama juga jadi nilai lebihnya. Keindahan air terjun setinggi 45 meter ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar.

Air terjun ini juga memiliki fasilitas seperti toilet, gazebo, dan kios makanan untuk kenyamanan pengunjung. Jika ingin main ke sini, alamat Air Terjun Putuk ada di Jalan Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo juga menjadi incaran oleh wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan refreshing. Tempat wisata di Pasuruan ini terletak di Kawasan Wisata Tretes, air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter dan dikelilingi oleh hutan lindung.

Fasilitasnya meliputi toilet, musala, warung makan, dan kolam renang untuk anak-anak. Salah satu daya tariknya adalah spot foto di jembatan dengan pemandangan langsung ke air terjun.

Tapi, untuk sampai ke Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan, pengunjung harus menempuh jalur trekking sejauh 1 km yang relatif mudah dilalui.

Manfaatkan layanan sewa mobil harian dengan sopir dari Salsa Wisata agar tidak capek, karena sesampainya di tempat parkir Anda masih harus jalan kaki untuk menuju titik air terjun.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Jika mencari tempat wisata di Pasuruan yang banyak aktivitas seru dan mengedukasi bisa datang ke Taman Safari Prigen, Pasuruan. Di sini, Anda bisa melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam hewan, seperti singa, harimau, zebra, dan lain-lain.

Anda juga bisa menonton berbagai macam pertunjukan yang menarik dan menghibur, seperti atraksi gajah, lumba-lumba, burung, dan lain-lain.

Yang tak kalah seru, selain belajar tentang satwa anak-anak juga bisa bermain dengan berbagai macam wahana yang seru dan menantang, seperti roller coaster, water park, dan lain-lain.

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.30 hingga 16.30. Tiket masuknya adalah Rp 150.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir dan beberapa wahana.

Dairyland Farm Theme Park Prigen

Dairyland Farm Theme Park Prigen

Tempat wisata keluarga ramah anak di Pasuruan yang tak kalah menarik yaitu Dairyland Farm Theme Park Prigen. Di Cimory Dairyland Prigen Anda dapat berinteraksi dengan hewan ternak di peternakan domba dan Mini Zoo.

Makin seru lagi, Anda dapat berfoto-foto spot foto unik yang ada di Lulu 3D Trick Art Museum dan mengunjungi taman kincir angin. Jangan lewatkan pula pengalaman shopping oleh-oleh khas Jawa Timur yang terbuat dari susu di Dairy Shop.

Untuk mengajak keluarga liburan di tempat wisata di Pasuruan ini, Anda harus mengeluarkan uang yang lumayan, karena tiket masuknya berkisar Rp80.000 – Rp100.000.

Kebun Raya Purwodadi

camping di Kebun Raya Purwodadi

Meski bukan destinasi terbaru di Pasuruan, Kebun Raya Purwodadi telah menjadi tempat wisata yang populer. Kini, berbagai fasilitas baru telah ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman liburan di tempat wisata di Pasuruan ini.

Anda dapat menikmati fasilitas motor listrik dan skuter listrik untuk menjelajahi kebun raya, atau menyewa picnic mat dan kursi untuk bersantai di area rumput luas dengan pemandangan alam yang indah.

Ada juga berbagai spot foto menarik seperti Taman Meksiko dan Rumah Kaca. Tiket masuk Kebun Raya Purwodadi hanya Rp15.000 – Rp28.000.

Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi atau Kebun Pak Budi merupakan wisata edukasi yang mengajak Anda untuk belajar tentang pertanian dan peternakan.

Disini, Anda bisa melihat dan mencoba berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan bercocok tanam dan beternak. Mulai dari menanam padi, memanen sayur, memberi makan sapi, memerah susu, dll.

Anda juga bisa menikmati hasil panen dan produk olahan yang segar dan sehat, seperti nasi liwet, susu murni, yoghurt, dan lain-lain. Selain itu terdapat banyak spot foto dan wahana seru yang bisa dimainkan.

Beberapa yang bisa Anda coba antara lain flying fox, atv, tunggang kuda, dan wahan outbound seru lainnya. Jika ingin menetap lebih lama, Anda bisa menginap di cottage dengan udara segar dan pemandangan yang mempesona.

Sawahe Pak Budi berlokasi di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata di Pasuruan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00. Tiket masuknya cukup ramah di kantong yaitu Rp 25.000 per orang

Agrowisata Bhakti Alam

Agrowisata Bhakti Alam

Tempat wisata di Pasuruan dengan konsep yang mirip seperti destinasi sebelumnya yaitu Agrowisata Bhakti Alam. Di sini, pengunjung bisa bermain dengan berbagai macam binatang, seperti kuda, sapi, kambing, kelinci, dan lain-lain.

Anda juga bisa bermain dengan berbagai macam permainan, seperti flying fox, sepeda gantung, kereta mini, dan lain-lain. Anak-anak yang datang bisa belajar tentang berbagai macam tanaman, seperti bunga, sayur, buah, dan lain-lain.

Wisata Bhakti Alam berlokasi di Jalan Raya Wonorejo KM 3, Desa Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 dan harga tiket masuknya sebesar Rp50.000.

Dengan berbagai aktivitas yang menarik dan mengedukasi, destinasi ini cocok untuk karya wisata anak sekolahan. Jika butuh sewa bus pariwisata murah untuk mengakomodasi seluruh peserta outing, Anda bisa menyewanya di Salsa Wisata.

Candi Belahan

Candi Belahan

Candi Belahan adalah wisata sejarah yang menawarkan keindahan dan keunikan arsitektur kuno. Di sini, Anda bisa melihat dan mengagumi candi yang berbentuk bak mandi, dengan relief yang menggambarkan Dewi Sri dan dua pengawalnya.

Terdapat sebuah mata air yang mengalir dari mata air di dalam candi, yang diyakini memiliki khasiat dan keberkahan. Kalau percaya dengan hal tersebut Anda bisa meminum atau meraupkan ke muka.

Untuk mempelajari lebih dalam, Anda bisa belajar tentang sejarah dan budaya kerajaan Mataram Kuno yang membangun candi ini melalui tour guide yang telah tersedia.

Candi Belahan berlokasi di Desa Belahan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata di Pasuruan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Kedawung Agroselfie

Kedawung Agroselfie

Pada awalnya, Kedawang Agro Selfie (KAS) merupakan sebuah pabrik gula. Tapi kini dikembangkan juga menjadi tempat rekreasi agrowisata dan spot foto kekinian di Pasuruan.

Tempat wisata di Pasuruan ini sangat ramah anak, karena banyak wahana permainan outbound seru. Jadi anak-anak bisa belajar bagaimana proses pengolahan gula sambil bermain.

Pilihan spot foto yang ada di tempat ini juga ada banyak dengan penuh warna-warni. Jika ingin main ke sini, Kedawang Agro Selfie (KAS) berlokasi di Jalan Raya Banyubiru Kilometer 1, Kajar Kuning, Kesandung Wetan, Grati, Pasuruan.

Dam Pleret 1904

Dam Pleret

Dam Pleret 1904 adalah wisata edukasi yang mengajak Anda untuk belajar tentang sejarah dan teknologi irigasi di Indonesia. Di sini, Anda bisa melihat dan mengenal dam tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda.

Anda juga bisa melihat dan mengamati sistem irigasi yang mengalirkan air dari dam ke sawah-sawah di sekitarnya. Tersedia pula restoran, bebek air, kano dan spot foto menarik untuk pengunjung yang suka berfoto-foto. Anak-anak yang pergi ke sini bisa ikut belajar menanam padi.

Dam Pleret 1904 berlokasi di Desa Pleret, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata ramah anak ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Itulah 14 tempat wisata di Pasuruan terbaru lagi hits yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan Anda. Semua wisata ini menawarkan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan, sesuai dengan minat dan hobi Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu atau beberapa tempat wisata di Pasuruan ini, Anda bisa menghubungi Salsa Wisata. Terdapat berbagai macam paket wisata, sewa bus pariwisata, dan rental mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kami akan memberikan Anda pengalaman berkesan saat berlibur di Jawa Timur. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs Salsa Wisata dan pilih paket yang Anda inginkan.

Sumber: salsawisata.com